Rangkuman tentang Objek – Stack – Constructor – Variabel – Overload – Argumen —– JAVA

Rangkuman tentang Object dan Variabel di Tumpukan (Stack),

  • Java memiliki dua area memori yang perlu kita tahu, yaitu Heap (Ruang Lingkup) dan Stack (Tumpukan).
  • Instance Variable adalah Variabel yang dideklarasikan DIDALAM sebuah Class, tapi berada DILUAR method.
  • Local Variabel adalah variable yang dideklarasikan DIDALAM method dan Variabel Parameter.
  • Semua Local Variabel berada di (area Memori) Stack, satu Stack = satu Method yang memiliki sebuah Local Variabel.
  • Variabel Referensi Objek bertindak seperti Variabel Primitif (cth, integer, String, dkk). Jika Variabel Referensi Objek dideklarasikan di dalam method, maka VRO akan dimasukkan ke area memori STACK.
  • Sebuah Object akan berada di area memori Heap (Ruang Lingkup), apa referensinya berada di Local Variabel atau sebagai Instance Variable.

Rangkuman tentang Constructor – Variabel – Overload – Arguments

  • Instance Variabel berada bersama Objectnya, yaitu di dalam Heap (Ruang Lingkup).
  • Jika Instance variable adalah sebuah Referensi sebuah Objek, Referensi Variabel dan Objeknya akan berada di Area Memori HEAP (Ruang Lingkup).
  • Sebuah Constructor adalah kode yang berjalan ketika kamu menulis new di dalam sebuah class.
  • Sebuah Constructor HARUS mempunyai nama yang sama dengan CLASS (tempatnya berada), dan TIDAK BOLEH memiliki sebuah tipe RETURN (nilai kembalian – layaknya sebuah Method).
  • Kita bisa menggunakan sebuah constructor untuk mengawali nilai / keadaaan variable (cth. Instance Variabel) sebuah Objek yang dibangun / dikonstruksi.
  • Jika kita tidak meletakkan sebuah Constructor di dalam Class, maka Compiler akan meletakkan sebuah nilai default Constructor.
  • Constructor Default seringkali sebuah Constructor tanpa argument / parameter.
  • Jika kita meletakkan sebuah Constructor – Constructor apa saja – di dalam Class, maka Compiler TIDAK AKAN mem-BUILD / membuat Constructor Default.
  • Jika kita ingin sebuah Constructor tanpa – argument, dan kita meletakkan sebuah Argumen di dalam Constructor, maka kita HARUS membangun / me-BUILD sendiri Constructor tanpa Argumen.
  • Usahakan untuk selalu sediakan sebuah Constructor, untuk memudahkan programmer untuk membuat sebuah Objek. Jangan lupa berikan nilai default pada variabelnya.
  • Constructor Overloaded (Beban Berlebih) berarti kita mempunyai lebih dari satu Constructor di dalam Class.
  • Constructor Overload HARUS memiliki daftar argument yang BERBEDA.
  • Kita TIDAK BISA mempunyai dua Constructor denga daftar Argumen yang SAMA. Sebuah Daftar Argumen DIPENGARUHI oleh URUTAN dan/atau TIPE Argumen.
  • Instance Variabel menugaskan sebuah NILAI DEFAULT. NILAI DEFAULT adalah 0 / 0,0 / false untuk Tipe Primitif (Integer, String, dkk), dan NULL untuk Referensi (Objek).

Semoga Bermanfaat, my WP Reader…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s