Keterbatasan Protoboard – Hal yang anda HARUS Pertimbangkan ketika menggunakan Breadboard

Pada tulisan saya kali ini, saya tidak akan membahas tentang pengertian Breadboard / Protoboard, skemanya, ataupun tentang harganya. Saya kali ini akan membahas tentang kekurangan / keterbatasan yang harus kita perhatikan saat pengguanaan Breadboard,

  1. Tingkat Frekuensi

Berdasarkan penelusuran saya di Wikipedia dan (Om) Google, Frekuensi yang mampu ditangani oleh suatu BreadBoard ialah <=10MHz. Hal ini disebabkan adanya Kapasitansi Tersebar (Stray Capacitance) pada BreadBoard.

Jika ada dua konduktor yang terpisah dengan jarak tertentu dapat dianggap sebagai sebuah Kapasitor. Meskipun jarak antara dua konduktor tersebut cukup jauh, Efek Kapasitansi tetap ada walaupun sangat kecil. Peristiwa itulah yang menyebabkan Kapasitansi Tersebar (Stray Capacitance). Efek Kapasitansi Tersebar dapat membuat kebocoran sinyal antara sirkuit lainnya (Keadaan Crosstalk). Hal ini akan berefek pada keterbatasan suatu rangkaian untuk bekerja pada Frekuensi yang Tinggi.

Tapi, beberapa orang pernah mencoba untuk menggunakan BreadBoard pada Frekuensi +-20 MHz. katanya, hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kita menyusun komponen-komponen di breadboard agar tidak memberi efek buruk antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.

Pengalaman :

Saya pernah merakit FM Transmitter di BreadBoard. Hasilnya, banyak Noise dari rangkaian saya dan Batas Jaraknya pun sangat dekat. Tetapi, pada saat saya memindahkan Rangkaian FM Tersebut ke PCB, saya memperoleh hasil transmitter yang lebih baik dan Noisenya pun berkurang. Sekedar info : FM transmitter saya bekerja pada Frekuensi ±90 MHz.

  1. Besar Tegangan, Arus yang Terbatas

Berikut poin-poin penting yang saya peroleh dari forum-forum,

Tegangan Maksimal yang pernah diuji pada BreadBoard ialah 100 VDC dengan arus 100uA.

Tegangan Maksimal yang pernah diuji pada Breadoard ialah 110VAC dengan arus rendah (tidak disebutkan nilai tepatnya).

  1. Sensitifitas dari Komponen Analog, misalnya Penggunaan Sensor.
  2. Kapasitansi dan Induktansi

BreadBoard mempunyai induktansi dan kapasitansi yang bersifat parasit. Menurut (Om) Wikipedia, Kapasitansi Parasit memiliki arti yang sama dengan Kapasitansi tersebar (Stray Capacitance). Kapasitansi ini adalah kapasitansi yang tidak dapat dihindari dan tidak diinginkan yang disebabkan jarak yang dekat antara komponen dalam rangkaian.

Jumper-jumper yang saling berhubungan dapat menambah induktansi dengan tingkat 15nH/ 10mm (panjang jumper). efek ini dapat merusak rangkaian kita.

https://www.physicsforums.com/threads/maximum-voltage-for-breadboards.429031/

http://forum.allaboutcircuits.com/threads/high-frequency-and-breadboards.38094/

dan forum lainnya

Leave a Reply

