Rangkuman tentang Graphics – JAVA

    • Kita dapat menggambar grafik 2D secara langsung di dalam widget.
    • Kita dapat menggambar sebuah file bertipe .gif atau .jpeg secara langsung pada widget.
    • Untuk menggambar grafik milikmu (termasuk sebuah .gif atau .jpeg), buatlah sebuah subclass JPanel dan mengganti “isi” dari method paintComponent ( ).
    • Method paintComponent ( ) dipanggil oleh system GUI. Kita tidak bisa memanggilnya seperti method yang biasa. Argument pada method paintComponent ( ) asalah sebuah objek grafik yang memberikan kita sebuah permukaan untuk dijadikan tempat menggambar, yang dibatasi oleh layar/window. Kita tidak bisa sendiri membangun objek itu.
    • Method-method khusus untuk memanggil sebuah objek Graphic (parameter paintComponent ) adalah : setColor (Color.blue); g.fillRect(20,50,100,120);
    • Untuk menggambar sebuah .jpg, buatlah sebuah gambar menggunakan : Image image=new ImageIcon(“catzilla.jpg”).getImage( ); dan gambarlah menggunakan : drawImage(image,3,4,this);
    • Objek direferensikan oleh parameter Graphics pada paintComponent ( ) sebenarnya sebuah instance dari class Graphics2D. Kelas Graphics2D mempunyai….

Baca selengkapnya di..

https://www.mrhatsa.com/blog/2015/02/27/rangkuman-tentang-graphics-java/

Jangan lupa untuk komentar dan subscribe my new blog.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s