RANGKUMAN TENTANG Layout Manager, Swing Component, GUI, BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout — JAVA

  • Layout Manager mengendalikan ukuran dan lokasi komponen-komponen yang berada di dalam komponen lainnya.
  • Ketika kita menambahkan sebuah komponen ke komponen lainnya (kadang disebut sebagai komponen background, tapi itu bukanlah perbedaan teknis), Komponen yang ditambahkan dikendalikan oleh layout manager dari komponen Background.
  • Sebuah Layout Manager meminta komponen-komponen untuk mengajukan ukurannya, sebelum membuat keputusan tentang layout. Tergantung pada kebijakan layout manager, mungkin saja diberlakukan ke semua, beberapa, atau (bahkan) tidak ada dari komponen tersebut.
  • BorderLayout manager membiarkan kita menambahkan sebuah komponen ke salah satu dari lima wilayah. Kita harus menspesifikasikan wilayahnya ketika kita menambahkan sebuah komponen, menggunakan sintax berikut ; add(BorderLayout.EAST,panel);
  • Dengan BorderLayout, komponen di Utara dan Selatan mendapatkan ukuran tinggi yang diajukan, tapi tidak pada lebarnya. Komponen di TImur dan Barat mendapatkan ukuran lebar yang diajukan, tapi tidak pada ukuran tingginya. Komponen di Center (Tengah) memperoleh apa saja yang tersisa (Kecuali kita menggunakan method pack( ) ).
  • Method Pack ( ) adalah seperti menyusut-bungkus komponen-komponen; ia menggunakan ukuran penuh yang diajukan komponen center (Tengah), kemudian menentukan ukuran frame menggunakan center (Titik tengah) sebagai titik awal,mengguakan sisa dari space (tempat yang belum diisi) berdasarkan pada apa yang berada di dalam wilayah lainnya.
  • FlowLayput menempatkan komponen dari kiri ke kanan, atas ke bawah, sesuai urutan saat mereka ditambahkan (add ( ) ) , berpindah ke sebuah baris baru komponen hanya ketika komponen tidak lagi muat secara horizontal.
  • FlowLayout memberikan komponen-komponen ukuran yang mereka ajukan pada lebar dan tingginya.
  • BoxLayout membiarkan kita meluruskan komponen-komponen yang bertumpuk secara vertical, bahkan jika mereka dapat muat saling menyamping. Seperi FlowLayout, BoxLayout menggunakan ukuran (tinggi dan lebar) yang diajukan oleh komponen.
  • Border Layout adalah default layout manager untuk Frame; FlowLayout adalah default untuk Panel.
  • Jika kita ingin sebuah Panel menggunakan sesuatu yang dari FlowLayout, Kita harus memanggil                setLayout( ) pada Panel.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s