Pen-Sinkronisasi-an Thread — JAVA

  • Method statis Thread.sleep( ) memaksa sebuah Thread untuk meninggalkan keadaan / operasi yang berjalan hingga durasi sleep-nya selesai. Thread.sleep(200) membuat sebuah Thread tertidur selama 200 milidetik.
  • Method sleep( ) memberikan sebuah Exception (InterruptedException – Exception yang diinterupsi) sehingga semua panggilan method sleep ( ) HArUS di “bungkus” dengan sebuah TRY/CATCH.
  • Kita dapat menggunakan method sleep () untuk membantu memastikan semua thread mendapatkan kesempatan untuk berjalan/beroperasi, meskipun tidak ada yang menjamin bahwa kapan sebuah thread bangun dan beroperasi pada akhir baris terakhir ia beropeasi. Mungkin saja, contohnya, langsung kembali ke depan. Pada kebanyakan kasus, ketepatan waktu pemanggilan method sleep ( ) adalah yang kita butuhkan untuk menjaga Thread kita saling bergantian dengan baik, tanpa error.
  • Kita dapat memberi nama sebuah Thread menggunakan method setName ( ). Semua thread memiliki nama secara default, tapi memberikan mereka sebuah nama eksplisit dapat membantu kita berada pada jalur thread-thread, khususnya jika kita men-debug nya dengan pernyataan print( ).
  • Kita dapat mempunnyai masalah serius dengan thread jika dua atau lebih thread mempunyai akses ke objek yang sama dalam tumpukan-objek.
  • Dua atau lebih thread mengakses objek yang sama dapat mengakibatkan kerusakan data jika salah satu thread, contohnya, meningalkan keadaan/operasi yang sedang dijalankannya sementara tetap pada pertengahan memanipulasi keadaan / operasi kritis sebuah objek.
  • Untuk membuat objek thread kita AMAN, tentukan pernyataan mana yang seharusnya diperlakukan sebagau satu proses atom. Dengan kata lain, tentukan method mana yang HARUS beroperasi hingga selesai sebelum thread lainnya mengekseskusi method yang sama pada objek yang sama.
  • Gunakan kata kunci synchronized untuk memodifikasi sebuah deklarasi method, ketika kita ingin untuk mencegah dua thread sekaligus mengeksekusi method itu.
  • Setiap objek memiliki sebuah gembok (lock), dengan sebuah kunci tunggal untuk gembok itu. Seringkali kita tidak peduli tentang gembok itu; gembok-gembok memiliki peran yang harus diperhatikan ketika sebuah objek memiliki method synchronized.
  • Ketika sebuah thread mencoba masuk ke method synchronized, thread HARUS memiliki kunci untuk objek itu (objek dari method). Jika kunci tidak tersedia (karena thread lain memegangnya), thread akan menunggu, hingga kunci tersedia.
  • Bahkan jika sebuah objek memiliki lebih dari satu method synchronized, tetap memiliki satu kunci saja. Sekali sebuah thread mengeksekusi sebuah method synchronized pada objek itu, tidak ada thread yang bisa mengeksekusi method synchronized pada objek yang sama. Pembatasan ini akan melindungi data kita dengan mensikronkan method yang ada dari pemanipulasian data.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s